Anak Suka Mimisan tiba-tiba? Kuncinya Jangan Panik

anak suka mimisan

Kesehatan anak memang menjadi prioritas utama bagi orang tua. Apapun akan dilakukan orang tua jika anaknya jatuh sakit. Namun dalam beberapa hal orang tua juga perlu mengerti kondisi anak dengan baik, seperti saat anak suka mimisan.

Kuncinya adalah orang tua tidak boleh panik ketika melihat anak mimisan. Walaupun agak susah dalam penerapannya, pastikan anak tidak ketakutan ketika mengalami mimisan. Jika semua panik, maka pikiran akan terdistraksi oleh hal-hal negative. Sehingga tidak menjumpai solusi yang paling tepat.

Penyebab anak suka mimisan juga beragam. Pada umumnya penyebab anak mimisan adalah adanya pembuluh darah yang pecah kemudian keluar melalui hidung. Mimisan juga bisa terjadi karena benturan oleh sesuatu pada tulang hidung. Biasanya anak suka mimisan karena pembuluh darah si kecil belum kuat sehingga sangat rentan untuk pecah. Selain itu, ternyata alergi dan kelelahan mampu menjadi faktor penyebab anak sering mimisan juga.

Cuaca yang kemudian mengakibatkan udara ekstrem terjadi bisa menjadi pemicu mimisan. Suhu udara yang berubah-ubah atau terlalu cepat berubah seperti dari panas ke dingin dan sebaliknya inilah yang perlu diwaspadai oleh orang tua. Pasalnya, tubuh anak yang masih dalam proses tumbuh kembang akan lebih rentan terkena penyakit ketika cuaca tidak menentu.

Mengatasi Anak Suka Mimisan dengan Benar

Jika anak sering mimisan tanpa suatu sebab apa pun, yaitu mimisan secara tiba-tiba namun tidak sering, bisa saja anak sedang kelelahan. Faktor keturunan juga bisa memperkuat bahwa akan mewariskan mimisan tersebut. Faktor keturunan yang dimaksud adalah memiliki pembuluh darah yang lemah sehingga mudah dan rentan pecah. Jika anak suka mimisan, bisa lakukan hal ini untuk mengatasinya:

  1. Mengompres dengan es batu

Kompres dingin dapat meredakan mimisan anak untuk lebih cepat berhenti. Tapi jangan langsung mengaplikasikan es batu pada hidung. Lebih baik bungkus dengan kain yang bersih kemudian kompreskan pada hidung anak.

  1. Dudukan dengan tegak

Kebanyakan orang tua pasti salah kaprah tentang mimisan yang harus berbaring atau menengadah. Posisi tersebut adalah salah dan sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan anak tersedak oleh darahnya sendiri akibat saluran pernapasan tersumbat. Cara yang benar adalah dengan mendudukkan si kecil dengan tegak karena dapat menghindarkan darah untuk kembali masuk ke dalam hidung maupun saluran pernapasan.

  1. Tekan cuping hidung

Mengatasi anak suka mimisan tiba-tiba bisa dengan memencet cuping hidung si kecil selama 5-10 menit. Hal tersebut berfungsi untuk menahan pendarahan pada hidung dan membuatnya terhenti dengan baik. Karena tubuh memiliki system pembekuan kurang lebih 3 menit, jadi memencet cuping hidung dapat menghentikan mimisan pada anak. Langkah ini memang klasik namun selalu berhasil dalam menghentikan mimisan anak. Yang terpenting adalah jangan panik saat menghadapi anak suka mimisan.