Cara Mendisiplinkan Anak Dengan Fun!

mendisiplinkan anak

Ketika anak anda cenderung nakal dan membuat anda marah, ada baiknya untuk tidak langsung meneriakinya atau memukulnya. Hal ini tidak lain karena ternyata hukuman tersebut bisa mengakibatkan tumbuh kembang anak anda tidak bagus terutama karakter dan emosionalnya. Anak anda tentu tetap bisa diajarkan disiplin tanpa harus menggunakan hukuman tetapi dengan cara fun atau menyenangkan.

Tips Mendisiplinkan Anak dengan Fun

Seringkali sebagai para orangtua, anda tentu akan merasa gemas bukan apabila anak anda sulit untuk diatur bahkan cenderung melakukan pemberontakan. Jika sudah seperti ini, pernah terbersit dipikiran anda untuk memukul mereka bukan? Sebaiknya anda segera menjauhi tindakan tersebut dan mulai menggunakan tips dibawah ini untuk membuat anak anda disiplin dengan cara yang lebih fun.

  1. Cobalah untuk mengambil apa yang mereka tinggalkan

Para ahli sering merekomendasikan cara ini untukmembuat anak merasa jera yakni dengan mengambil apa saja yang ditinggalkannya tetapi tidak memberikannya kembali. Sebagai contohnya ketika anak bangun, mereka tidak melipat selimut maka anda bisa mengambil selimut tersebut tanpa memberikannya kembali.

Anda bisa memberikannya apabila anak anda mempertanyakan selimut tersebut. Disinilah para orangtua juga harus membuat perjanjian dengan si kecil. Misalnya jika ia tidak melipat selimut maka selimut tersebut akan diambil. Anda bisa menerapkan cara ini dengan barang-barang lainnya yang dia miliki.

  1. Dengan menggunakan teknik pujian

Tips berikutnya yang bisa anda gunakan adalah cobalah untuk mendisiplinkan anak anda dengan menggunakan teknik pujian. Hal ini tidak lain karena ketika anak anda diberikan pujian maka mereka akan merasa senang. Pujian ini bisa anda berikan apabila anak anda sedang melakukan perilaku terpuji

Sebagai contohnya ketika mereka mampu membereskan kamar mereka sendiri maka anda bisa langsung memberikan pujian. Pujian tersebut bisa berupa bahasa tubuh seperti senyuman atau mengacungkkan 2 jempol. Cara ini ternyata juga bisa sebagai bentuk kasih sayang anda pada anak.

  1. Ubahlah menjadi candaan

Ketika anda memiliki 2 anak, tentu terkadang anda akan merasa pusing untuk mengurusnya bukan? Seperti mereka sering bertengkar karena meributkan sesuatu. Dibandingkan dengan marah-marah, ada baiknya para orangtua mengubahnya menjadi candaan. Sebagai contohnya anda melemparkan sarung tinju. Dengan demikian mereka akan sadar apabila anda sedang marah tanpa perlu menunjukkan kemarahan anda tersebut.

  1. Tetapkan konsekuensi dan terapkan secara konsisten

Untuk membuat anak anda disiplin maka anda bisa membuat aturan dengan anak anda. Dan apabila anak anda tidak melakukan hal tersebut maka anak anda harus menerima konsekuensi atas apa yang dilakukannya tersebut. Hal ini tidak lain adalah untuk memberikan efek jera.

Demikian beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mendisiplinkan anak anda. Selain itu, para orangtua harusnya juga memiliki komunikasi yang bagus dengan anak. Agar anak mengerti apa yang Anda mau dan Anda juga harus mengerti apa yang anak mau.