Mengapa Anak Sulit Diatur Saat Berusia 2 Tahun

anak rewel

Melihat pertumbuhan anak yang semakin berkembang pesat tentu membuat para orangtua semakin bangga bukan? Tetapi seringkali para orangtua menemukan anak mereka yang sulit diatur terutama ketika masa peralihan dimana memasuki usia 2 tahun. Anak yang tadinya berperilaku manis, justru semakin sulit untuk diatur. Bahkan tak jarang mereka sudah berteriak-teriak.

Bagaimana Mengatasi Anak Sulit Diatur Usia 2 Tahun

Ketika bunda memiliki anak usia 2 tahun yang sulit diatur, sudah menjadi kewajiban tersendiri untuk bunda agar lebih sabar dalam menghadapi mereka. Jangan sampai anda ikut terbawa suasana dan memarahi si kecil. Hal ini ternyata hal yang tidak benar. Ada baiknya anda memberikan perhatian yang khusus kepada si kecil.

Ternyata ada beberapa penyebab yang menyebabkan bayi usia 2 tahun ini akan lebih sulit untuk diatur? Anda tidak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa penyebab mengapa anak umur 2 tahun sulit untuk diatur, berikut ini penjelasannya.

  1. Anak sedang mencari perhatian

Penyebab pertama yang membuat anak anda sulit untuk diatur adalah karena mereka sedang mencari perhatian. Bayi anda memang belum mengetahui bagaimana cara mengungkapkan emosinya. Itulah yang menyebabkan mereka cenderung melakukan pemberontakan seperti menjerit atau menendang barang-barang disekitarnya.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, cobalah para orangtua lebih memahami anak dan membantu anak untuk mengekspresikan diri dengan cara yang tepat seperti mengajak anak untuk berbicara dan memberikan perhatian khusus kepada si kecil.

  1. Anak ingin lebih mandiri

Seiring dengan bertambahkan umur anak tentu kemampuan anak akan semakin tumbuh dengan baik. Sebagai contohnya mereka lebih lancara dalam berjalan ataupun ingin memegang objek apapun yang ada disekitarnya. Nah, salah satu cara yang kerap dilakukan anak adalah mereka ingin terpisah dari orangtua hanya ingin melakukan hal yang disukainya.

Inilah mengapa, para orangtua bisa mencoba untuk membiarkan si kecil untuk tetap mengekspresikan keinginannya tersebut. Tetapi orangtua sebaiknya juga harus memperhatikan setiap pergerakan si kecil tersebut. DUkung setiap saat apa yang ingin dilakukan si kecil.

  1. Telah ada perubahan yang terjadi

Pada umumnya, anak yang sulit untuk diatur tersebut juga bisa diakibatkan karena adanya perubahan pada rutinitas yang dilakukan. Sebagai contohnya, ketika tempat tidurnya dipindahkan dari kamar orangtuanya ke kamar pribadinya, ini yang akan memunculkan perasaan yang tak bisa diungkapkan sehingga menyebabkan anak cenderung susah untuk diatur.

  1. Keinginan untuk menunjukkan apa yang sedang dirasakan

Anak memang membutuhkan stimulasi untuk mampu mengendalikan emosinya tersebut.  Penyebab berikutnya mengapa anak anda cenderung sulit untuk diatur kemungkinan adalah karena mereka ingin menunjukkan apa yang sedang dirasakannya tersebut. Sebagai contonya, mereka akan memberikan reaksi memberontak ketika akan sudah kenyang tapi tetap diberi makan.

Demikian beberapa alasan mengapa anak anda akan cenderung sulit diatur ketika menginjak usia 2 tahun. Perlu diketahui apabila ini adalah bentuk perkembangan dari anak dan para ornagtua memang harus memberikan perhatian yang lebih.